Sunday, June 28, 2009

DAKWAH KE THOIF

Pada bulan syawal pada tahun ke sepuluh dari nubuwah, yang bertepatan pada akhir bulan Mei atau awal Juni 619 M, Rasulullah  pergi ke Thoif, yang tempatnya kurang lebih jaraknya 60 mil dari kota Makkah. Beliau menuju kesana dengan berjalan kaki dan pulang juga dengan berjalan kaki beserta pembantu beliau yang bernama Zaid bin Haritsah. Ketika beliau tiba di Thoif beliau menemui tiga orang bersaudara dari pemimpin Bani Tsaqif, yaitu Abdu Yalail, Mas’ud dan Hubaib, mereka semua adalah putra dari Amr bin Umais As-Tsaqofi. Beliau duduk menghadap mereka dan beliau mengajak mereka agar mau menyembah kepada Allah  dan mau menolong Islam


Akan tetapi dari mereka menjawab,: berarti kain penutup ka’bah telah terkoyak jika memang Allah telah mengutusmu sebagai Rasul,”
Dan ada juga yang menjawab: “ Apakah Allah tidak mendapatkan orang selain dirimu?”
Dan yang terakhir menjawab: “ Demi Allah, aku tidak sudi berbicara denganmu sama sekali. Jika memang engkau benar-benar seorang Rasul, tentunya engkau lebih berbahaya jika aku harus menyanggah perkataanmu, dan jika engkau membuat kedustaan terhadap Allah, berarti aku tidak layak bericara denganmu.”

Setelah mendengan jawaban penolakan mereka terhadap beliau, maka beliau bangkit dari tempat duduknya seraya berkata : “ Jika memang kalian bersikap seperti ini, maka kuminta sembunyikan aku!” dengan harapan agar penduduk Thoif tidak mengetahui tentang beliau, akan tetapi mereka tidak mau melakukannya, maka banyak dari orang-orang yang jahat diantara mereka membuntuti beliau seraya berteriak-teriak mencaci beliau hingga penduduk thoif keluar dan mereka duduk menjadi dua barisan hanya untuk melempari beliau serta mencaci maki beliau, sehingga mengenai urat di atas tumit beliau. Sementara Zaid bin Haritsah membentengi beliau dengan badannya, hingga terdapat banyak luka dikepalanya.

Penduduk Thoif masih melakukan demikian dan membuntuti beliau hingga sampai disebuah kebun milik Utbah dan Syaibah, mereka berdua adalah anak-anak Rabiah, yang berjarak kurang lebih tiga mil dari Thoif, sedang penduduk Thoif mereka kembali ke kampung mereka.

Rasulullah  menghampiri sebuah pohon anggur, lalu duduk dibawah rimbunannya. Setelah beliau meresa agak tenang Kemudian beliau berdo’a kepada Allah:

اللّهُمّ إلَيْك أَشْكُو ضَعْفَ قُوّتِي ، وَقِلّةَ حِيلَتِي ، وَهَوَانِي عَلَى النّاسِ يَا أَرْحَمَ الرّاحِمِينَ أَنْتَ رَبّ الْمُسْتَضْعَفِينَ وَأَنْتَ رَبّي ، إلَى مَنْ تَكِلُنِي ؟ إلَى بَعِيدٍ يَتَجَهّمُنِي ؟ أَمْ إلَى عَدُوّ مَلّكْتَهُ أَمْرِي ؟ إنْ لَمْ يَكُنْ بِك عَلَيّ غَضَبٌ فَلَا أُبَالِي ، وَلَكِنّ عَافِيَتَك هِيَ أَوْسَعُ لِي ، أَعُوذُ بِنُورِ وَجْهِك الّذِي أَشْرَقَتْ لَهُ الظّلُمَاتُ وَصَلُحَ عَلَيْهِ أَمْرُ الدّنْيَا وَالْآخِرَةِ مِنْ أَنْ تُنْزِلَ بِي غَضَبَك ، أَوْ يَحِلّ عَلَيّ سُخْطُكَ لَك الْعُتْبَى حَتّى تَرْضَى ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوّةَ إلّا بِك
"Allahumma yang Allah, kepadaMu juga aku mengadukan kelemahanku, kurangnya kemampuanku serta kehinaan diriku di hadapan manusia. Ya Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang. Engkaulah yang melindungi yang lemah, dan Engkaulah Pelindungku. Kepada siapa hendak Kau serahkan aku? Kepada orang yang jauhkah yang berwajah muram kepadaku, atau kepada musuh yang akan menguasai diriku? Asalkan Engkau tidak murka kepadaku, aku tidak peduli, sebab sungguh luas kenikmatan yang Engkau limpahkan kepadaku. Aku berlindung kepada Nur Wajah-Mu yang menyinari kegelapan, dan karenanya membawakan kebaikan bagi dunia dan akhirat - daripada kemurkaanMu yang akan Kautimpakan kepadaku. Engkaulah yang berhak menegur hingga berkenan pada-Mu. Dan tiada daya upaya selain dengan Engkau juga"

Dengan melihat keadaan beliau Utba dan Syabah merasa kasihan kepada beliau,lalu keduanya memanggil pembantunya yang bernama Addas yang beragama nasrani untuk mengambilkan kepada Rasulullah  satu tandan anggur.
Kemudian Addas beranjak menemui beliau dan memberikan anggur tersebut kepada beliau. Lalu Rasulullah  mengambil anggur itu dengan mengucapkan “ Bismillah “.
Mendengan ucapan yang beliau utarakan saat mengambil anggur tersebut Addas merasa heran kemudian berkata kepada beliau: “ Kata-kata ini tidak pernah diucapkan penduduk negeri ini.” Kata Addas.
Lalu beliau bertanya kepada Addas: “ Dari negeri mana asalmu dan apa pula agamamu?”
Addas menjawab: “ Aku seorang nasrani, dari penduduk Niwawy,”
Beliau berkata,” Dari negeri orang sholih, Yunus bin Matta.”
Addas bertanya kepada beliau,” Apa yang tuan ketahui tentang nama Yunus bin Atta?”
Beliau menjawab,” Beliau adalah saudaraku. Beliau adalah seorang nabi begitu juga aku.”
Setelah mendengar jawaban beliau, Addas langsung merengkuh kepada beliau dan mencium kepala, tangan dan kaki beliau.
Melihat kejadian ini, Utba dan Syabah saling berbisik:” pembantu itu telah dirusaknya.”
Kemudian setelah Addas kembali, mereka berdua berkata kepada Addas,” celaka engkau wahai Addas, kenapa engkau mencium kepala, tangan dan kakinya.”
Addas menjawab: “ wahai tuanku, tidak ada orang yang lebih bagus daripada orang itu. Dia telah menghabariku sesuatu yang tidak diketahui oleh seorang Nabi”
Mereka berkata kepada Addas: “ celaka engkau wahai Addas! Janganlah sekali- kali dia membuatmu keluar dari agamamu, karena agamamu jauh lebih baik dari agamanya.”
Kemudian Rasulullah keluar dari kebun itu dalam keadaan sedih murung seakan-akan teriris hatinya Dan beliau kembali ke Makkah. Setelah beliau berjalan sampai di Qornul Manazil, Allah mengutus jibril disertai satu malaikat penjaga gunung, yang meminta pendapat untuk meratakan akhsyabaini ( dua gunung di Makkah, yaitu gunung Abu Qubaisy dan gunung Qo’aiqa’an) kepada penduduk Thaif. Akan tetapi beliau menolak pendapat tersebut dan beliau mengaharap kepada Allah agar memberikan generasi kepada mereka yang menyembah kepda Allah dan tidak menukutukan sesuatupun dengan-Nya.
Dengan datangnya dua malaikat ini beliau merasa senga dan hatinya tentram. Kemudian beliau melanjutkan perjalanan hingga tiba di Wadi Nakhlah dan menetap disana beberapa hari.
Ketika beliau berada di wadi nakhlah, Allah  mengutus sekumpulan jin yang disebutkan oleh Allh didua tempat dalam Al-qur’an, satu tempat di dalam surat al-Ahqof: 29-31 dan satu lagi didalam surat al-Jin: 1-15.
Sebenarnya Rasulullah  memang tidak mengetahui kehadiran para jin ini kepada beliau, akan tetapi atas wahyu Allah  yang difirmankan kepada beliau maka beliau mengetahui kabar tersebut. Hal ini merupakan pertolongan Allah kepada beliau dari simpanan ghoib-Nya, yang tidak diketahui kecuali hanya Allah. Dan dalam ayat-ayat yang menerangkan akan kedatangan para jin ini juga termuat kabar gembira kapada beliau akan keberhasilan dakwah beliau kelak. Maka bentuk apapun dari gangguan dan permusuhan dari orang-orang yang memusuhi beliau tidak akan mampu menghalangi keberhasilan ini.

Setelah datangnya kebar gembira ini Rasulullah merasa senang dan hilanglah kesedihan yang beliau rasakan dari cemooahan orang-orang thoif. Maka beliua kembali menyusun strategi dakwah yang akan beliau laksanakan setibanya di Makkah dengan semangat baru dan dengan penuh optimis.
Maka ketika itu pula Zaid bin Haritsah berkata kepada Rasulullah :” Bagaimana cara engkau akan memasuki Makkah, padahal mereka sudah mengusir engkau?”
Beliau menjawab: “ wahai Zaid, sesungguhnya Allah pasti akan menciptakan keknggaran dan jalan keluar dari masalah yang engkau lihat. Seseungguhnya Allah akan menolong agama-Nya dan memenangkan Nabi-Nya. “
Kemudian beliau melanjutkan perjalanan menuju Makkah, setelah mendekati Makkah beliau menetap di gua Hiro’ dan mengutus sesorang dari Bani Khuzaah untuk menemui al-akhnas bin syariq untuk memberikan jaminan perlindungan kepda beliau, akan tetapi al-Akhnas bin syariq menolaknya dengan berkata: “akuadalah sekutu (qurasy). Padahlal skutu tidak boleh memberi jaminan perlindungan.”
Lalu beliau mengutus seseorang untuk menemui suhail bin Amr, namun suhail juga berkata: “ seseungguhnya bani Amir tidak akan memberikan jaminan kepada Bani Ka’ab.”
Kemudian beliau mengutus lagi untuk menemui al-muth’im bin Adi. Al-Muth’im berkata:” baiklah.” Kemudian dia mengambil senjatanya dan mengumpulkan kaumnya dan berkata kepada mereka :” ambillah senjata kalian dan bersiap siagalah disetiap sudut masjidil Haram, sesungguhnya aku telah memberi jaminan perlindungan kepada Muhammad”
Setelah itu dia mengutus utusan untuk memberi tau kepada Beliau agar memasuki makkah. Maka beliau memasuki makkah beserta Zaid bin haritsah dengan Aman. Sedang muthim bin Adi berkeliling di masjidil haram sambil berkata kepada orang-orang Qurasy: “ wahai semua orang Quraisy sesungguhnya aku telah memberikan jaminana perlindungankepada muhammad.maka tak seorangpun diantara kalian boleh bertindak semau sendiri terhadap dirinya.”
Sebagian riwayat menyebutkan kemudian abu Jahal berkata:” apakah engkau hanya sekedar memeri jaminan perlindungan ataukah menjadi pengikutnya?”
Muth’im menjawab:” aku hanya memberi jaminan perlindunga.”
Abu jahal berkata.” Kalau begitu kami aka melindungi siapapun yang engkau lindungi.”
Akhirnya beliau dapat memasuki Makkah dengan selamat lalu mendekati hajar aswad dan menciumnya dan sholat dua rakaat setelah itu beliu pulang ke rumah.
Rasulullah  senantiasa teringat dengan perlindungan yang diberikan oleh Muth’im, maka beliau bersabda tentang tawanan perang badar:” seandainya Muth’im masih hidup, dan dia meminta kepadaku untuk mengasihi para tawanan ini, tentu aku akan menyerahkan urusan mereka kepadanya.”

No comments:

Post a Comment

La tansa