Friday, September 25, 2009

HANYA AZAM YANG MENYELURUH

Sesungguhnya azam yang kami harapkan muncul dari kalian adalah azam yang menyeluruh, azam dalam ilmu dan amal, azam dalam dakwah dan jihad, azam dalam iman dan yakin, azam dalam sabar dan ridla, azam dalam hisbah dan perbaikan diri dan memberi petunjuk kepada semua makhluk.
Kami tidak mengharapkan azam yang Cuma sepotong, sebatas satu bidang tertentu saja. Kami menginginkan orang-orang yang memiliki himmah yang tinggi dalam berbagai medan amal islami, bukan satu bidang saja. Kami hanya menginginkan azam yang utuh dan menyeluruh.


Tentang ini, kami tidak mendapati kalimat yang lebih baik dari pada kalimat Ibnu Qoyyim dalam kitab beliau Thariqul Hijratain wa babus Sa’datain, “ diantara mereka ada orang yang melewati semua celah, berjalan menuju Allah dari berbagai lembah, dan sampai ke sana dari berbagai jalan. Orang ini menjadi tanggung jawab ubudiyyah sebagai kiblat gerakan hati dan sasaran pandangan matanya. Ia menjadi makmum dan berjalan di belakang ubudiyyahnya, ke mana pun ia pergi. Ia memiliki saham di semua bagian, di mana ada ubudiyyah disana dia ada. Dalam ilmu, anda akan mendapatinya bersama ahlinya. Dalam jihad anda akan menemuinya di shaf para mujahid. Dalam shalat anda akan menjumpainya bersama orang-orang yang khusu’. Dalam dzikir anda akan menyaksikannya dan manfaat anda akan melihatnya bersama orang-orang yang penuh kebajikan. Ia benar-benar memegang erat ubudiyyah itu adanya. Ia menghadap kepadanya dimanapun bagian-bagian ubudiyyah itu berada. Jika ada yang bertanya, amal jenis apakah yang kamu inginkan? Ia akan menjwab, aku ingin menunaikan perintah-perintah Rabbku, bagaimana pun dan dimana pun. Aku ningin apapun tuntutannya. Aku ingin entah hanya ingin menunaikannya, melaksanakannya, dan mawas diri di dalamnya, melaksanakannya. Aku ingin menghadapkan ruh, kalbu dan badanku. Aku ingin menyerahkan perniagaanku kepada-Nya demi menunggu harga yang akan di bayarkan,

إِنَّ اللَّهَ اشْتَرَى مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنْفُسَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ

“ Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. ( QS. At-Taubah:111)


No comments:

Post a Comment

La tansa