Wednesday, July 29, 2009

TAKBIR SHOLAT 'IED

Muqoddimah
Segala puji bagi Allah  yang masih memberikan karunia dan nikmatnya, Sholawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad  yang telah menyampaikan risalah-Nya kepada ummat beliau, dan juga kepada para shahabat , tabi'in dan tabi'ut tabi'in serta ummat beliau yang senantiasa meniti jejaknya.
Masalah sholat 'iedain bukanlah masalah yang baru didengar oleh muslimin semuanya, karena muslimin selalu melaksanakannya dua kali dalam setahun yaitu 'iedul Fithri dan 'iedul Adha. Meskipun jumhur sudah berpendapat bahwa takbir dihari-hari 'iedain adalah sunnah, Tetapi banyak dari muslimin yang mempertanyakan tentang masalah takbir pada hari-hari 'iedul Fithri dan 'iedul Adha, terlebih lagi tentang waktu dalam takbir kapan dimulainya dan kapan berakhirnya, dan juga tentang masalah takbir tambahan dalam sholat 'iedain yang kadang menjadi bahan perselisihan diantara kaum muslimin, entah tentang hukumnya takbir itu sendiri ataupun tentang mengangkat tangan ketika takbirnya ataupun tentang do'a diantara takbir –takbir tambahan.


20. Irwaul Gholil,Muhammad Nashiruddin al-Bany, al-Maktab al-Islamy,Bairut, Cet.II, 1985.
21. Asy-Syarhul Mumti' Ala Zaadil Mustaqni', Abu Naja Musa bin Ahmad Musa, Maktabah Syamilah.
22. Musnad Abi Bakr bin Abi Syaibah. Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim bin Utsman bin Khowasity al-A'basy Abu Bakar bin Abi Syaibah al-Kufy, Maktabah Syamilah
23. Shohih Fiqih Sunnah, Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim, Juz.1, Pustaka Azzam, Jakarta Selatan, Cet.I, 2006.

No comments:

Post a Comment

La tansa